Skip to main content

Ikhtiar via IUI (Intra Urine Insemination)

Yakk kembali lagi di postingan yang membahas tentang TTC alias mencoba untuk hamidun tralala. Setelah 6 kali PLI di RSIA Sayyidah bulan Januari saatnya konsultasi ke obgyn langganan di RS Sari Mulia dr. Iwan Darma Putra Sp.OG KFER.


(Baca : Meraih Asa dengan ASA )

Setelah kita cerita panjang lebar sama beliau, beliau menyarankan untuk kita program hamil biasa dulu pake obat penyubur.Dalam hati sebenernya agak heran, bukannya di pertemuan terakhir beliau ga mau ditawar pokoknya harus inseminasi mengingat kadar ASA saya yang sangat tinggi, tapi pertimbangannya karna kita udah pernah hamil normal alami 2 kali. Ga ada salahnya dicoba pake penyubur dulu.

Siklus berikutnya hari kedua mens mulai minum Femara, sehari dua biji. Sampe 5 hari. Di hari ke 9 saya USG ke dr. Iwan, dan telor saya udah 17 mm dengan ketebalan rahim 8mm. kata beliau respon saya pake Femara sangat bagus, dan insya Allah berhasil. Abis itu dikasih jadwal ‘bikin PR’ , nah ternyata di pertengahan Februari, pak suami mendadak ada dinas ke Jakarta di tanggal yang udah dijadwalin dokter. Kan saya jadi bingung ya, mau direlain kok ya mubazir banget hampir sejuta nebus obat, akhirnya dengan bismillah saya nyusul suami ke Jakarta di jadwal tsb, Cuma buat bikin PR. Hahaha. Dan setelah tiba jadwal mens, saya telat 5 hari dan endingnya… failed. Mungkin karena ini tahapan yang baru buat saya, ikhtiarnya udah naik kelas, jadi kecewanya sampe ke hati yg paling dalem rasanya. Saya inget mens di hari Jumat, dan abis jumatan saya minta dijemput suami untuk pulang ke rumah dan ga balik lagi ke kantor. Di rumah pun udah ketebak donk ya nangisnya kaya apa. Akhirnya saya tanya ke suami, setelah ini apa rencana selanjutnya. Dia bilang coba sekali lagi, baru kalo gagal kita insem.

Akhirnya hari kedua saya minum Femara lagi, tapi di hari ke 11 saya ga USG karna dr iwan bilang kalau di siklus pertama responnya bagus, di siklus kedua insya Allah sama. Dan ternyata di siklus ini pun saya belum beruntung. Tapi kali ini saya ga nangis sama sekali. Malah excited karna ikhtiar kita akan lebih naik kelas lagi, yap.. inseminasi.

Setelah selesai siklus mens, saya menghubungi asisten dr iwan, bidan sri untuk melakukan suntik antibiotik di hari ke 12 dan 13. Suntik harus dilakukan jam 9 pagi. Setelah absen di kantor saya langsung ke RS Sari Mulia dan menuju ke ruang bersalin untuk disuntik. Saya pikir suntiknya biasa aja, ternyata diinfus sodara sodara. Dan lumayan lama, setelah sebelumnya di tes alergi dulu yang ternyata tetep aja meskipun udah pernah PLI, diinfus kaya gini tetep aja nervous. Kira2 jam 10.30 proses infus selesai, dan jarum infusnya ga dicabut sampe keesokan harinya, karna mesti diinfus lagi di jam yang sama. Sakit sih gak ya, tapi ngeganjelnya itu ganggu banget. Apalagi saya menghindari pertanyaan orang di kantor, jadi saya tutupin deh tuh pake jaket atau saya taro di belakang badan tangannya. Untung sih ga ada yg notice, kecuali yang seruangan.


Nah setelah selesai proses infus, saya nunggu mens di siklus berikutnya. Mens saya yang harusnya jatuh di tgl 3 Mei maju ke tgl 30 April, mana itu hari minggu dan seninnya libur.. akhirnya saya whatsapp bidan sri nanyain gimana kalo konsul ke dr iwannya di hari ketiga mens, apakah gapapa, kata beliau gapapa. Akhirnya selasa tanggal 2 Mei saya dan suami konsul ke RSUD Ulin, karna tindakan akan dilakukan disini. Setelah konsul, dr iwan meresepkan obat yang harus diminum di H3 mens selama 5 hari (berarti sampe H7) kemudian setelahnya saya diminta ngehubungi asisten beliau di RSUD Ulin, namanya Mba Nurul, beliau yang akan membantu suntik penyubur selama 5 hari (dari tgl 7 Mei sampe tgl 11 Mei 2017). Baru kemudian konsul lagi buat ngukur sel telurnya.


Saya diresepkan Genoclom untuk penyubur yang diminum, anehnya efek obat ini bikin penglihatan saya jadi ngebayang n buram di pagi hari. Ternyata temen saya yg lagi promil ngerasa gitu juga pas minum genoclom. Untuk penyubur suntik, saya diresepkan Pergoveris. Bukan Gonal F, katanya mengingat usia saya yang udah 30 tahun dan ada kista. Jadi pake pergoveris aja. Suntiknya tiap pagi jam 10, hari pertama ga berasa sama sekali, makin hari suntikannya entah kenapa makin sakit, efek sel telur yang sudah membesar katanya. Oya ada beberapa ibu yang suntik sendiri di rumah, tapi saya disarankan untuk suntik dengan asisten dokter biar ga salah coblos kali ya. Hihi.

Setelah suntikan terakhir di tanggal 11 Mei, saya harus USG di tgl 12 Mei. Udah deg degan takut sel telur ga maksimal ukurannya. But…. Malah kebalikannya. Saya over stimulated, sel telurnya banyak, waktu itu ada 8. Dan besar besar sampe ukurannya mengalahkan ukuran kista saya. This is bad news. Kenapa? Karena sangat beresiko untuk dilakukan inseminasi, kita ga bakal tau berapa sel telur yang akan dibuahi nantinya. Peluang kembar lebih dari 3 sangat besar. Dr iwan bilang ternyata respon saya cukup baik padahal umur saya udah 30. Beliau memberikan opsi untuk batal insem dan berhubungan alami saja atau tetep lanjut insem. Akhirnya saya minta waktu keluar ruangan sebentar, untuk berdoa, saya dan suami solat istikharah di musholla RS. Dan akhirnya kita sepakat untuk lanjut proses inseminasi. Kita mikirnya, Allah itu punya rencana yang paling baik untuk umatnya, dan Alah ga bakal ngasih kita sesuatu yang kita ga bakal sanggup untuk menerimanya.

Akhirnya malam itu saya disuntik Ovidrel untuk memecahkan telur, dan kurang dari 24 jam harus dilakukan proses insem. Paginya jam 7.30 suami diambil sperm nya dan setelah di wash, jumlahnya 11juta. Lumayan karena katanya minimal jumlahnya 2 juta untuk bisa insem. Pak Hasbullah staf lab RSUD Ulin cerita kalau baru aja pasien dr iwan ada yang hamil kembar 4 dengan kasus yang sama kaya saya.  Udah deg2an aja jadinya, tapi apapun itu kita tetep berserah. Kun fayakun.

Jam 10 jadwal inseminasi dilakukan, dokternya agak ngaret dan pasiennya banyak banget. Alhamdulillah pasien insem didahulukan. Tibalah saya masuk ke ruang tindakan dan harus duduk di sanggurdi alias kursi buat lahiran, sebelumnya udah pernah sih pas papsmear, tapi tetep aja rasanya ga nyaman ya. Inilah pertimbangan saya ga mau ganti2 obgyn. Haha. Proses inseminasi cukup singkat, pertama mrs. V dibuka pake speculum/cocor bebek, rasanya ga sakit tapi ngilu. Trus dimasukin kateter, dan disemprotin sperm nya. Bismillah. Ditunggu 2 menit, ga boleh batuk, bersin, ketawa. Abis itu nunggu lagi 10 menit dengan posisi yang sama. Asli ga enak banget. Trus setelah 10 menit nunggu dengan posisi duduk tegak, kaki rapet selama 40 menit. Baru deh boleh pulang. Dokter pesen, bedrest cuma 3 hari aja, sisanya bsa beraktifitas normal dan konsul lagi 3 minggu pasca insem. Tapi mengingat saya pernah keguguran 2 kali di tahun 2014, saya ga mau ambil resiko. Saya milih untuk bedrest sampe bagi rapot. Makanya saya off dr kantor cukup lama. Mungkin bagi sebagian orang tindakan saya berlebihan, tapi that’s all I can do. Saya harus bertanggung jawab atas pilihan yang saya ambil. Saya harus full effort, karna proses ini ga ada garansinya, dan ga ada yang akan bertanggungjawab kalo proses ini gagal akibat saya kecapekan ngantor.  Kalo ngikutin kerjaan mah ga ada habisnya. Terus terang prioritas saya udah bergeser ke family matters.



So here I am, semua kegiatan dilakukan di atas kasur kecuali pupup ma pee ya, itu harus di kamar mandi. 

Berikut pantangan saya selama 2 weeks wait :


1.       Kafein (teh, kopi)
2.       Tahu Tempe (selain pantangan, ini juga karna saya alergi)
3.       Telur (karna alergi)
4.       Nanas (selain pantangan, ini juga karna saya alergi)
5.       Tapai
6.       Duren (Alhamdulillah ga doyan)
7.       Makanan yang dibakar
8.       Junk Food
9.       Anggur (alergi)
10.   Ikan tongkol (alergi)

11.   Wortel (alergi)
12.   Daging kambing

Dan tiap hari saya minum jus alpukat, sari kacang ijo, sayur pastinya. Obat yang diresepin selama 2 weeks wait adalah ultramama (isinya asam folat) dan ultrogestan (progesterone).

Kalo ada yang nanya, ga bosen gy? Ya bosen lah.. tapi ini namanya pengorbanan. Kalo saya ngeluh jatohnya ga ikhlas, makanya saya jalanin apa yang saya bisa. All out. Kalopun memang belum waktunya, saya ga akan terlalu kecewa karena udah berusaha sepenuhnya.

Sekarang udah hari ke 5 pasca insem, di hari ke 2-4 perut rasanya keram dan cenut cenut, kaya mau mens. Tapi ternyata itu reaksi yang wajar (setelah tanya ke asisten dokter). Sekarang sih udah berkurang.

Preparing for the worst but still hoping the best. Selalu positive thinking (I try..) dan menyiapkan Plan B until Z. Oya untuk biaya, total termasuk infus antibiotik sebelum insem beserta obat2an dan biaya tindakan kurang lebih 16.000.000. lebih mahal memang jika dibandingkan insem di Jakarta dan kota kota besar lainnya. Tapi jatohnya sama aja kalo saya dari Banjarmasin ditambah tiket pesawat dan hotel. Hehe.

Semoga ini membantu bagi yang mau program hamil khususnya di Banjarmasin.

#menujuduagaris #salamduagaris

Comments

  1. hasilnya gmna bunda......positif?????
    saya pengen jg insem nih biar dpt kembar......
    semngt y bunda

    ReplyDelete
  2. hasilnya gmna bunda......positif?????
    saya pengen jg insem nih biar dpt kembar......
    semngt y bunda

    ReplyDelete
  3. masih belum rejeki mba, rencana mau insem kedua awal tahun depan. Semangat :)

    ReplyDelete
  4. Mba boleh tau harga tindakan inseminasinya aja di rsud ulin brp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. total sekitar 16juta mba udah semua sama konsul, obat, dll. Kalo tindakannya aja tanpa stimulus kayanya sekitar 5juta mba. tapi itu 2 tahun yang lalu.

      Delete
  5. Assalamu'alaikum mba,,
    Skrg gimana kabarnya mba,,Udh berhasil dpt tiket H kah mba?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sedikit cerita tentang operasi Lasik

Apa itu lasik? Selengkapnya mungkin anda bisa buka www.rsmyap.com disitu anda bisa dengan lengkap mengetahui berbagai jenis tindakan lasik. Atau anda juga bisa googling kalo mau lebih lengkap. Intinya Lasik itu tindakan medis untuk mengurangi minus/plus/silinder pada mata.   Cita – cita Lasik sudah saya impikan sejak saya masih kuliah, kayanya pas saya SMA ni metode udah ada deh, tp belum banyak orang tau. Ya tapi secara harganya itu mehoong cyiinn.. ya ga ngebayang aja saya bisa punya uang segitu banyaknya. Beberapa tahun belakangan minus mata saya menjadi sangat tinggi, terakhir saya cek udah minus 10 aja yang kanan, yang kiri minus 8. Belum lagi silindernya, tapi lagi2 saya Cuma bisa mimpi untuk operasi   lasik. Sampe akhirnya orangtua saya dapet info tentang pengobatan alternatif yang pake bulu ayam yang bulunya uda diilangin (???) ya pokoknya tinggal batangnya doank deh.,tu benda dicelup2in ke air trus digosok2in ke kelopak bawah mata. Awalnya saya optimis karna banyak sak

Meraih Asa dengan ASA

Salah satu kemungkinan penyebab terhambatnya kehamilan adalah karena adanya antibodi calon ibu yang berlebih terhadap sperma pasangannya. Layaknya alergi pada tubuh manusia, setiap orang akan memiliki akibat yang berbeda tergantung dari masing-masing individu. Tubuh perempuan yang memiliki antibodi yang berlebih terhadap sperma akan bereaksi terhadap protein sperma dan membuat sperma ditolak oleh tubuh calon ibu. Saat sel sperma dianggap sebagai benda asing di dalam tubuh wanita, secara cepat reaksi pembentukan antibodi antisperma (ASA) dalam jumlah tinggi, mencegah sel sperma membuahi sel telur di dalam saluran telur sehingga terjadi penggumpalan-penggumpalan pada si sperma. Saya melakukan pemeriksaan ASA karena sudah 2 kali keguguran, hasilnya 1:1024 dan dokter memberikan saran untuk langsung inseminasi. Padahal saya baca ada Paternal Leukocyte Immunization (PLI) untuk menurunkan kadar ASA. Penjelasan tentang PLI seperti di bawah ini : atau disini Kini, dengan metoda yang d